jalan-jalan

3 Negara Dengan Waktu Puasa Yang Paling Lama Di Dunia

Di beberapa belahan bumi, waktu matahari bersinar ada yang lebih lama di bandingkan dengan wilayah lainnya. Hal ini berdampak pada lamanya waktu siang pada negara-negara di wilayah tersebut.

Berhubung saat ini kita sudah memasuki bulan suci ramadhan, maka lamanya waktu siang ini otomatis akan mempengaruhi lamanya waktu berpuasa pada suatu negara.

Nah berikut ini adalah 3 negara dengan waktu berpuasa paling lama di dunia

1. Skandinavia


Swedia, Finlandia dan Norwegia yang termasuk ke dalam negara-negara Skandinavia sedang mengalami musim panas saat datangnya bulan suci Ramadhan kali ini. Hal ini menyebabkan waktu siang yang lebih lama yaitu sekitar 21 jam.

Negara-negara di Skandinavia merupakan negara dengan waktu puasa terlama di dunia, hampir satu hari penuh.

Gimana, apa kamu kuat puasa disana?

2. Rusia


Karena negara ini terletak di belahan bumi yang paling utara, maka musim panas pada wilayah ini disinari matahari dengan durasi yang sangat lama.

Hal ini menyebabkan waktu siang yang amat panjang. Umat muslim di Rusia berpuasa mulai dari pukul 03:15 dan berbuka pada pukul 21:37.  Berarti umat muslim di rusia berpuasa selama 19 jam.


3. Inggris


Inggris adalah salah satu negara dengan durasi puasa yang lama. Selama 33 tahun ini umat muslim di Inggris berpuasa dengan waktu yang lebih lama jika di bandingkan dengan negara-negara lainnya.

Umat muslim di Inggris berpuasa selama 17 jam 14 menit, 4 jam lebih lama dari rata-rata waktu berpuasa umat muslim di Indonesia.

Bahkan sang Wali Kota London yang mana adalah wali kota muslim yang pertama di sana menulis di akun twitternya "Puasa bagi umat muslim di London tidak mudah".

Selain itu sang Perdana Menteri, David Cameroon juga menyemangati dengan mengucapkan selamat berpuasa bagi warganya yang menjalankan (BBC).

Tahukah kamu apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi?

Hal ini tentu saja berhubungan oleh garis edar Matahari. Bulan suci Ramadhan bertepatan dengan titik balik Matahari pada saat musim panas Di ketiga negara tersebut. Inilah yang menyebabkan waktu siang menjadi lebih panjang dari malam karena matahari bersinar lebih lama.

Berbeda dengan negara-negara bagian timur seperti Indonesia, matahari bersinar dalam durasi yang lebih singkat. Sehingga waktu puasa menjadi lebih singkat. Hmm.. berarti puasa di Indonesia belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan ketiga negara di atas.

By the way, ini sudah mau masuk waktu berbuka. Sampai ketemu lagi.


First


EmoticonEmoticon