jalan-jalan

Jalan-jalan Ke Pulau Lengkuas Yang Tak Ada Lengkuasnya - Belitung Trip



wisata pulau belitung, pulau lengkuas belitung
Pulau Lengkuas - Ketika mendengar namanya pasti orang akan berpikir kalau pulau ini adalah sebuah pulau yang penuh ditumbuhi oleh tanaman lengkuas.

Padahal jika kamu berkunjung ke pulau kecil yang terletak di sebelah utara Pulau Belitung ini, tak satupun tanaman lengkuas akan kamu temukan. Lalu kenapa namanya bisa menjadi Pulau Lengkuas? Nah itu dia, sampai sekarang belum ada yang tau asal usul kenapa pulau ini di namakan seperti bumbu dapur.

Untuk bisa mencapai pulau ini kita bisa menggunakan perahu kayu dari sekitar Desa Tanjung Binga atau Tanjung Kelayang yang ada di Pulau Belitung. Tarifnya sekitar Rp. 300-400 ribu. Dari Pulau Belitung ke Pulau Lengkuas ini memakan waktu kurang lebih 60 menitan.

danau kaolin belitung

Sebelum sampai di Pulau Lengkuas, kita juga bisa mampir dulu ke beberapa tempat wisata yang ada di sepanjang perjalanan seperti Pantai Tanjung Tinggi dan Danau Kaolin.

pulau lengkuas belitung, pantai tanjung tinggi belitung

Pantai Tanjung tinggi ini adalah salah satu tempat untuk syuting film laskar pelangi loh. Disini terdapat banyak batu-batu besar tertata cantik di sepanjang bibir pantai. Sedangkan Danau Kaolin dulunya adalah bekas lokasi tambang yang sekarang sudah di tinggalkan.

Apa Sih Yang Keren Dari Pulau Lengkuas?

pulau lengkuas belitung, wisata pulau lengkuas belitung, wisata pulau belitung

Pulau Lengkuas ini lumayan keren, begitu sampai kita akan disambut oleh mercusuar, eh. Iya waktu itu begitu sampai di sana yang kelihatan dari kejauhan adalah mercusuar yang menjulang tinggi di pinggir pantainya hehe.

Pemandangan laut biru dari pantai Pulau Lengkuas ini juga indah banget, selain itu air laut di sekitar pulau juga tidak terlalu dalam sekitar 1,5 sampai 2 meteran. Pas banget untuk langsung nyemplung dan berenang.

Oh iya, mercusuar yang ada di Pulau Lengkuas ternyata memiliki sejarah juga. Mercusuar ini dulunya di buat oleh Belanda pada tahun 1882 *sumber: wisatalova.com

hmm.. mungkin dulu di laut sekitar pulau ini tempat lalu lalangnya kapal kumpeni kali ya.

Sampai saat ini mercusuar buatan Belanda ini masih berfungsi, ada petugas yang menjaganya. Kalau kamu ingin naik ke atas mercusuar ini bisa kok, hanya saja harus bayar retribusi Rp. 5000.

Untuk naik keatas kita harus melewati anak tangga dan melewati 12 tingkat. Begitu naik keatas pemandangannya bagus banget, gak nyesel deh ngos-ngosan naik sampai ke atas.

pulau lengkuas belitung, wisata pulau lengkuas belitung

Bagaimana viewnya, cakep banget kan?

Tempat wisata cakep lainnya:

Penginapan Di Pulau Lengkuas


Kalau mau nginep di Pulau Lengkuas juga bisa, hanya saja kita harus punya bekal yang cukup karena tidak ada resto di sini. Air tawar juga sulit di dapat disini karena penghuni pulau ini biasanya minum dari air tampungan hujan.

Spot-spot Cantik Lainnya di Sekitar Pulau Lengkuas


Nah selain Pulau Lengkuas yang tidak ada lengkuasnya ini, masih ada lagi tempat-tempat cantik yang wajib kamu kunjungi. Di sekitar Pulau Lengkuas ada beberapa pulau kecil yang tak kalah indahnya yaitu Pulau Burung, Pulau Kelayang, Pulau Litung, Pulau Semaju, Pulau Pasir, dan Pulau Babi. Jelajahi sampai puas deh pokoknyo sebelum pulang.

Wisata Sejarah Kuil Dewi Kwan Im



Selain Pulau Lengkuas, masih ada lagi objek wisata menarik lainnya di Belitung. Pernah nonton film kera sakti kan? Nah si dewinya kera sakti itu yang bernama Dewi Kwan Im ternyata kuilnya ada di sini. Tepatnya di Kampung Burung Mandi yang terletak di Kabupaten Belitung Timur.

Katanya sih Dewi Kwan Im ini adalah dewi yang baik, dalam kepercayaan Buddha dewi cantik ini adalah simbol welas asih. Bukan melas kasih loh ya huehe.

Untuk bisa sampai ke Kuil Dewi Kwan Im ini butuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari Bandara Hanandjoeddin. Kuli ini termasuk kuil yang umurnya lumayan tua, udah ratusan tahun. Menurut sejarahnya kuil ini dibangun pada tahun 1747 berawal dari seorang nelayan yang konon menemukan patung Buddha Bodhisstwa.

Uniknya kuil ini dibangun di atas puncak bukit batu, sedangkan ukurannya terlihat lebih besar dari puncak bukit itu sendiri. Jadi kalau dari bawah terlihat sangat mencolok sekali.

Nah cukup itu tulisan saya kali ini tentang Pulau Lengkuas dan Objek-objek wisata di Pulau Belitung. Oh ya kalau pulang jangan beli oleh-oleh dulu, kasian kan orang-orang yang ditinggal cuma di kasih cerita doang hihi..


EmoticonEmoticon