jalan-jalan

3 Penyebab Mengapa Bekas Jerawat Menjadi Bopeng Dan Sulit Dihilangkan

Memiliki bekas jerawat yang sulit dihilangkan adalah masalah hampir setiap orang yang pernah berjerawat.

Hal ini baru akan disadari setelah sekian lama, setelah kamu melihat jika ternyata diwajah banyak sekali bekas jerawat seperti noda hitam, bekas luka parut, bopeng, atau sekedar warna kulit yang menjadi tidak rata.

Sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi jika pada saat mengalami jerawat kamu tidak melakukan hal-hal yang justru meningkatkan risiko terjadinya bekas jerawat yang sulit dihilangan tersebut.

penyebab jerawat bopeng


Apa saja kesalahan yang sering dilakukan pada saat jerawatan yang menyebabkannya menjadi bopeng yang sulit dihilangkan, berikut ini adalah 3 diantaranya:


1. Memencet Jerawat

Kesalahan pertama yang sering dilakukan adalah memencet jerawat.

Memencet jerawat yang sudah masak memang sangat menggoda sekali. Apalagi jika sudah melihat isinya yang putih dan besar.

Banyak yang tidak tahan untuk segera mengeluarkannya. Bahkan tidak sedikit juga yang tega memencet jerawat saat ia belum masak. Sehingga mengakibatkan menjadi tambah sakit, luka, dan berdarah.

Tahukah kamu jika ini adalah hal yang harus dihindari?

Memencet jerawat tidak akan bisa mengobatinya. Apalagi menghilangkannya. Salah besar.

Memencet jerawat justru akan membuatnya semakin parah, menyebar, dan bertambah banyak.

Juga bisa membuatnya menjadi luka dan infeksi. Jika lukanya malah membesar maka bekasnyapun akan sulit dihilangkan. Inilah yang paling sering menyebabkan bekas jerawat menjadi bopeng.

Karena itu sebaiknya kamu jangan pernah memencet jerawat dengan paksa.

Bahkan sekedar memegang-megangnya saja tidaklah disarankan. Karena tangan kita adalah sarang kuman yang bisa saja berpindah ke jerawat dan menyebabkan infeksi.


2. Tidak Melakukan Perawatan

Kesalahan yang kedua yaitu tidak melakukan upaya perawatan sama sekali saat sedang jerawatan. Dengan kata lain kamu sama sekali tidak peduli dengan keberadaan jerawat tersebut dan membiarkannya begitu saja.

Memang benar jika jerawat bukanlah penyakit berbahaya, namun bukan berarti ia bisa dibiarkan begitu saja. Terutama jika kamu tidak ingin bekasnya nanti menjadi bopeng dan hitam.

Karena itu kamu perlu melakukan perawatan terhadap jerawat tersebut, minimal dengan perawatan yang alami dan tradisional.

3. Mencuci Muka Terlalu Sering

Kesalahan yang terakhir yang dapat menyebabkan bekas jerawat menjadi bopeng adalah kamu terlalu sering mencuci muka pada saat jerawatan.

Mencuci muka memang sangat baik untuk menjaga kebersihan kulit wajah. Akan tetapi jika melakukannya terlalu sering maka ini tidaklah baik.

Mencuci muka terlalu sering akan membuat wajah menjadi kering, akibatnya kulit akan merespon dengan memproduksi sebum lebih banyak untuk mengimbanginya.

Nah seperti yang sudah kita ketahui bersama jika sebum berlebih ini berpotensi menyebabkan jerawat menjadi tambah banyak, jadi mencuci muka justru akan membuat jerwat semakin parah, bukan menghilangkannya.

Jadi berapa kali mencuci muka yang disarankan?

Jawabannya adalah 2 kali. Mencuci muka dilakukan sebaiknya 2 kali saja, tidak lebih. Sebaiknya dilakukan setelah selesai melakukan kegiatan diluar ruangan dimana wajahmu banyak terpapar debu dan sinar matahari.

Nah itulah 3 penyebab mengapa bekas jerawat bisa menjadi bopeng. Semoga bermanfaat yaa.


EmoticonEmoticon