jalan-jalan

Khasiat Dan Manfaat Kurma Bagi Orang Yang Berpuasa

buah kurma, manfaat buah kurma, khasiat buah kurma


Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Semua umat muslim di seluruh dunia sedang khusyuk menjalankan ibadah puasa. Tidak makan dan minum sejak subuh hingga matahari maghrib.

Ketika adzan maghrib berkumandang, tibalah saatnya berbuka puasa. Rasulullah mengajarkan untuk berpuka puasa dengan yang manis. Dan diantara makanan manis yang paling baik itu adalah buah kurma.

Kurma memang menjadi makanan favorit Rasulullah untuk berbuka puasa. Beliau juga menganjurkan kepada kita untuk memakan kurma saat buka puasa.

Pertanyaannya kenapa harus kurma? bukankah masih banyak makanan lain yang manis-manis?

Tahukah kalian apa saja khasiat dan manfaat kurma? berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat kurma bagi tubuh kita:

1.Mengembalikan Energi


Kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi. Dalam kurma terkandung glukosa, fruktosa (gula pada susu dan buah), dan sukrosa. Kandungan gula dalam kurma merupakan senyawa gula yang dapat diserap oleh tubuh kita dengan cepat. Sehingga memakan beberapa buah kurma saat berbuka puasa akan segera mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa dan tubuh menjadi lebih segar seketika.

Berbuka puasa dengan air putih dan beberapa biji kurma seperti yang diajarkan Rasulullah terbukti mampu mengembalikan energi tanpa harus kekenyangan. Daripada berbuka dengan makanan yang berat seperti nasi, berbuka dengan kurma jauh lebih sehat. Selain itu juga berbuka dengan makanan yang berat akan menyulitkan kita untuk melakukan sholat, karena kekenyangan biasanya akan menyebabkan kita menjadi malas. Oleh karena itu kurma adalah makanan yang paling baik untuk berbuka puasa.


2. Melancarkan Pecernaan dan Menjaga Kesehatan Usus


Salah satu masalah yang sering dialami orang yang sedang berpuasa adalah panas dalam dan sulit buang air besar. Hal ini disebabkan karena pola metabolisme tubuh yang berubah dan pencernaan yang tidak lancar. Untuk menjaga agar pencernaan tetap lancar saat berpuasa dibutuhkan makanan yang tinggi serat.

Selain kurma mengandung gula yang cepat diserap tubuh. Didalam kurma juga terkandung serat yang tinggi. Serat berfungsi untuk mengikat lemak dan didalam usus dan melancarkan pencernaan. Memakan makanan yang tinggi serat dapat menjaga kebersihan dan kesehatan usus. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma sebagai menu wajib saat buka puasa.

3. Menguatkan Tulang


Kurma sangat baik dikonsumsi untuk menyehatkan dan menguatkan tulang. Didalam kurma terkandung banyak mineral yang kesemuanya berguna dalam menjaga kekuatan tulang seperti selenium, magnesium, mangan, dan tembaga.

Bagi orang yang usianya telah lanjut dan sering mengalami sakit pada tulang, maka dengan mengkonsumsi kurma secara rutin pada saat berbuka puasa akan memberikan manfaat yang sangat terasa. Sakit-sakit pada tulang insyaallah akan segera hilang.


4. Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil


Kurma memiliki khasiat yang baik untuk wanita yang sedang hamil. Mengkonsumsi kurma dipercaya dapat memudahkan proses persalinan dan mengurangi pendarahan.Selain itu juga anak yang dilahirkan akan memiliki sifat-sifat yang baik.

Kurma juga baik untuk dikonsumsi selepas melahirkan karena dapat mengembalikan energi wanita yang lemah pasca melahirkan.


5. Menyeimbangkan Cairan Tubuh dan Menguatkan Memori


Didalam kurma terkandung zat potassium dan beberapa zat galian lain yang memiliki khasiat untuk menyeimbangkan elektrolit dan cairan didalam tubuh. Hal ini sangat baik, karena seperti yang kita ketahui pada saat berpuasa kita kehilangan banyak cairan. Mengkonsumsi kurma dapat membuat tubuh menjadi segar kembali.

Selain itu kurma juga dipercaya dapat menguatkan memori. Kandungan vitamin yang tinggi dalam kurma sangat baik untuk anak-anak pada masa pertumbuhan.

Itulah 5 Khasiat kurma yang sangat luar biasa. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon