jalan-jalan

5 Khasiat Jahe Yang Paling Menakjubkan Untuk Kesehatan

manfaat jahe untuk kesehatan, manfaat jahe untuk sembuhkan penyakit, manfaat jahe untuk obat


Jahe (Zingiber officinale) adalah tanaman rempah yang sudah sangat dikenal khasiatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Ada banyak sekali manfaat dari tanaman dengan rasa pedas yang khas ini, namun kali ini saya akan berbagi 5 khasiat jahe yang paling menakjubkan untuk kesehatan.

1. Mengecilkan Perut Buncit

Perut kamu mulai membuncit karena usia dan pola hidup yang mulai tidak teratur? tenang, mengkonsumsi  wedang jahe secara rutin dapat membantu mengecilkan perut kamu. Kandungan enzim protease dan lipase pada jahe dapat membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh kita terutama untuk mencerna protein dan lemak. Selain itu jahe juga mampu membantu mengeluarkan gas yang terdapat dalam perut, sehingga perut terasa jadi lebih lega.

2. Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Senyawa gingerol yang terkandung pada jahe memiliki sifat antikoagulan yang mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Rajin mengkonsumsi jahe dapat menjadi investasi jangka panjang bagi kesehatan kamu, karena dapat memperkecil kemungkinan terjadinya stroke dan penyakit jantung.

Baca juga: 

3. Menetralkan Radikal Bebas

Bagi kamu para perokok, jahe bisa jadi alternatif untuk meminimalisir dampak buruk akibat merokok karena jahe mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Caranya: siapkan 1-2 rimpang jahe, lalu rebus dengan air secukupnya selama lebih kurang 1/2 jam. Kamu bisa juga menambahkan gula merah atau susu untuk menambahkan rasa. Minum secara rutin 1 gelas setiap hari, dan rasakan khasiatnya.

4. Pereda Nyeri Alami

Aroma khas pada jahe disebabkan oleh senyawa atsiri oil yang terbukti memiliki manfaat untuk mereduksi rasa nyeri. Selain itu jahe juga mengandung senyawa Phenol yang ampuh mengobati radang dan penyakit sendi yang disebabkan oleh ketegangan otot. Khusus untuk mengobati nyeri sendi, panaskan jahe dibara api kemudian ditumbuk, lalu ditempelkan ke bagian yang sakit.

5. Menurunkan Berat Badan

Buat kamu yang lagi diet tapi belum berhasil, gak usah nyiksa diri. Jahe bisa membantu kamu menurunkan berat badan secara alami. Sensasi pedas pada jahe yang disebabkan oleh senyawa zingiberin dan zingiberol mampu membantu proses pembakaran kalori dan melebarkan pembulu darah, selain itu jahe juga memiliki kandungan kalori yang kecil sehingga mengkonsumsi jahe mampu membantu menurunkan berat badan.

Itulah 5 khasiat jahe paling menakjubkan yang bisa saya bagikan.

Share ke teman dan orang yang kamu sayang ya


EmoticonEmoticon