jalan-jalan

5 Penyebab Jerawat Saat Remaja Yang Harus Kamu Tahu

faktor penyebab jerawat pada remaja


Jerawat saat remaja bisa dikatakan sebagai hal yang sangat wajar di alami. Apalagi buat kamu yang baru menginjak usia puber, atau istilahnya ABG.

Tapi tidak banyak yang tahu kenapa pada saat puber para remaja akan mengalami jerawat?
bahkan pada masa inilah jerawat akan muncul dengan sangat massif dan ganas.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan sharing apa saja penyebab jerawat pada saat remaja yang paling umu.

Berikut ini adalah 5 penyebab jerawat pada remaja yang harus kamu ketahui:


1. Hormon

Pada saat memasuki usia remaja, hormon pada tubuh kita akan meningkat. Hormon tersebut adalah hormon androgen atau hormon gender. Hormon androgen ini berperan dalam menentukan ciri khas gender baik pada wanita maupun pria.

Contoh pengaruh hormon androgen pada pria pada saat pubertas adalah suara yang menjadi besar/pecah/ngebass, tumbuh jakun, kumis, janggut dan seterusnya.

Sedangkan pada wanita akan mempengaruhi bentuk pinggul, tumbuhnya bagian payudara, dan ciri gender spesifik lainnya.

Nah hormon sebagai efek samping dari hormon androgen adalah munculnya jerawat.

Mengapa hormon androgen atau hormon gender ini bisa menyebabkan munculnya jerawat?

Hal ini dikarenakan hormon androgen bisa mempengaruhi kerja kelenjar polisebasea di bawah kulit yang fungsinya untuk memproduksi sebum atau minyak.

Nah karena adanya pengaruh dari hormon androgen ini maka produksi sebum akan meningkat, akibatnya ketika pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati dan kotoran maka muncullah jerawat.

Seperti itulah kira-kira.

2. Debu

Penyebab utama jerawat pada remaja memang adalah peningkatan hormon. Namun faktor lain-lain juga bisa mempengaruhi munculnya jerawat tersebut, juga mempengaruhi parah tidaknya jerawat yang di alami.

Salah satu faktor dari luar yang paling sering menjadi penyebab munculnya jerawat pada remaja adalah debu dan kotoran.

Debu dan kotoran yang menempel di wajah jika tidak dibersihkan maka akan menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat. Akibatnya sebum akan terhalang sehingga menyebabkan penumpukan sebum, jika ini di infeksi oleh bakteri Propionibacterium acne maka jadilah ia jerawat.

Oleh karena itu bagi kamu yang saat ini sedang menginjak usia puber sangat di sarankan untuk selalu menjaga kebersihan wajah.

Lakukan pembersihan muka dengan teratur 1-2 kali sehari dengan menggunakan sabun pencuci muka yang cocok dengan jenis kulit.

Maksimal 2 kali saja ya dala sehari, tidak boleh lebih. Karena kalau terlalu sering mencuci muka juga tidaklah baik dan justru dapat memicu munculnya jerawat lebih banyak lagi.

3. Sengatan matahari

Faktor penyebab jerawat pada remaja yang selanjutnya adalah sengatan matahari.

Sengatan matahari dapat memicu produksi minyak pada kulit wajah, sehingga ada kemungkinan bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Apalagi bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, tentu saja akan sering terpapar sinar matahari secara langsung. Nah cara yang paling gampang untuk mencegah terjadinya jerawat karena sengatan matahari ini adalah dengan menggunakan sunblock.

Tapi tidak semua orang akan jerawatan setelah panas-panasan juga sih. Jika kamu termasuk yang tahan dengan sengatan matahari tanpa terserang jerawat maka tidak terlalu penting untuk memakai sunblock, apalagi bagi laki-laki. Hitam sedikit gak papa lah.

4. Makanan

Makanan juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat pada remaja. Mungkin kamu sudah sering mendengar kata-kata "jangan makan kacang nanti jerawatan !"

Nah ini ada benarnya juga. Makanan memang bisa menjadi pemicu munculnya jerawat. Tapi apa saja makanan itu saya tidak tahu secara pasti. Dan juga apakah kacang bisa menyebabkan jerawat saya belum pernah menelitinya lebih jauh.

Yang jelas makanan yang harus di kurangi agar tidak jerawatan adalah makanan yang tinggi gula dan indeks glikemik, junkfood, dan makanan yang mengandung pemanis buatan dan bahan pengawet.


5. Memencet Jerawat

memencet jerawat bisa bikin jerawat tambah banyak

Faktor penyebab jerawat yang terakhir yaitu sering memencet jerawat. Ini adalah kesukaan remaja yang jerawatan. Mereka pasti akan memencet jerawat ketika sudah masak dan terlihat isi jerawat yang berwarna putih tersebu dari luar.

Mereka akan memncetnya hingga keluar dan berdarah.

Memang pada sebagain orang jerawat yang sudah di pencet ini akan sembuh, namun hal ini bukan berarti tanpa resiko. Infeksi dan bekas luka bopeng adalah contoh risiko yang bisa saja terjadi ketika kamu memencet jerawat. Jadi hindari hal ini.

Selain itu memencet jerawat juga di yakini bisa membuat jerawat malah bertambah banyak, karena bakteri yang ada di dalam jerawat tersebut justru menyebar di bagian kulit lainnya.\

Nah itulah 5 penyebab jerawat pada remaja yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat yaa.

Share !


EmoticonEmoticon