jalan-jalan

Kenali 5 Ciri Penyakit Jantung Ini Sedini Mungkin

penyebab penyakit jantung, sakit jantung, ciri-ciri penyakit jantung, pencegahan penyakit jantung


Menurut WHO, penyakit jantung merupakan pembunuh No 1 di dunia, ada jutaan orang meninggal akibat serangan jantung setiap tahunnya. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tidak menutup kemungkinan kamu yang masih muda juga beresiko terkena serangan jantung

Tapi tenang, Kali ini saya akan berbagi mengenai ciri dan gejala awal penyakit jantung agar bisa segera di antisipasi.

1. Sering Merasa Nyeri Pada Dada Sebelah Kiri

Jantung manusia terletak pada rongga dada sebelah kiri, rasa nyeri yang muncul pada bagian ini merupakan respon yang diberikan jantung karena adanya ancaman kerusakan jaringan. Secara umum hal ini disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen yang terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah. Nah, jika kamu sering merasakan nyeri pada dada bagian kiri kamu segeralah periksakan ke dokter.

2. Sakit Pada Bagian Tubuh Tertentu

Seseorang yang beresiko terserang penyakit jantung biasanya di tandai dengan munculnya rasa sakit pada bagian tubuh seperti tangan kiri atau kanan, bahu, leher, yang sewaktu-waktu datang lalu hilang. Hal ini disebabkan karena aktivitas sirkulasi darah yang tidak lancar.

3. Jantung Sering Berdebar-debar

Kalau jantung kamu berdebar-debar karena lupa buat tugas saat jam pelajaran guru/dosen killer, itu wajar. Tapi gejala jantung berdebar-debar tanpa sebab yang disertai dengan perasaan cemas dan keringat dingin perlu diwaspadai. Jika ini sering terjadi berulang-ulang, segeralah untuk berkonsultasi ke dokter.

4. Mudah Lelah

Salah satu tanda seseorang beresiko terserang penyakit jantung adalah rasa lelah yang berlebihan sementara tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat. Hal ini biasanya disertai dengan nafas yang berat atau sesak nafas. Rata-rata orang yang terserang penyakit jantung koroner mengalami gejala ini.

5. Keringat Dingin

Seseorang dengan resiko penyakit jantung biasanya sering berkeringat terutama di malam hari saat suhu normal dan sedang tidak melakukan aktivitas, gejala ini biasanya disertai dengan meningkatnya detak jantung (berdebar-debar).

Jika kamu mengalami gejala-gejala diatas bukan berarti saat itu juga kamu sedang mengidap penyakit jantung, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah pola hidup dan makan. Kurangi makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi, berhenti merokok, dan mulailah untuk rutin berolahraga. Jika gejala diatas berlanjut segeralah konsultasi ke dokter.

Bagikan artikel ini ke orang-orang terdekat kamu ya


EmoticonEmoticon