jalan-jalan

Surga Wisata Di Banda Neira Maluku

keindahan banda neira, wisata banda neira, snorkeling di banda neira, wisata bahari banda neira, banda naira maluku, tempat snorkeling terbaik banda neira


Seperti yang kita tahu kalo Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari banyak sekali pulau-pulau. Mulai dari sabang sampai ujung merauke persis seperti lagu nasional yang sering kita nyanyiin saat upacara.

Ada belasan ribu pulau yang termasuk dalam wilayah NKRI, dan dari sekian banyak tersebut hanya sebagian saja yang sudah memiliki nama dan berpenghuni, selebihnya bahkan belum terjamah oleh manusia alias tidak ada penghuninya.

Nah ngomong-ngomong soal pulau, yang asik itu ya kalau lagi ada duit terus bisa traveling. Mau ke pulau mana? tinggal pilih aja, di Indonesia ada buanyakk...

Pulau-pulau di Indonesia terkenal dengan keindahannya, Indonesia yang beriklim tropis dan hanya memiliki 2 musim menjadikan tanah merah putih ini bak surga dengan alamnya yang amat indah. Katakan sajalah kepulauan Anambas yang baru-baru ini hits atau Raja Ampat yang sejak dulu jadi idola. Pokoknya Indonesia paling top untuk urusan wisata bahari.

Nah pada kali ini saya lagi kepengen nulis tentang Banda Naira, salah satu kepulauan yang ada di Maluku, tepatnya Kabupaten Maluku Tengah. Katanya ada surga di Banda Neira loh..

Banda Neira itu..

Banyak yang bilang kalau Kepulauan Banda Naira ini bak surga jatuh di maluku. Keindahannya sangat sempurna dan menakjubkan, gitu sih katanya.

Selain itu Banda Neira juga memiliki kekayaan alam yang sejak dulu sudah jadi incaran bangsa asing. Kalian tahu kan negara yang sudah menjajah bangsa kita selama berabad-abad itu, nah si Belanda ini lah yang sejak dulu sudah mati-matian untuk bisa menguasai kekayaan di Banda Neira.

Banda Naira kaya dengan pala dan cengkeh, rempah-rempah dengan nilai ekonomis tinggi yang sejak dulu jadi komoditi ekspor asal Indonesia. Inilah yang membuat Belanda melirik Banda Neira.


Wisata Sejarah di Banda Neira

Ada banyak bangunan-bangunan peninggalan VOC Belanda di Banda Neira yang saat ini sudah menjadi objek wisata sejarah. Apa saja objek wisata sejarah di Banda Neira yang menarik untuk di kunjungi? ini dia beberapa tempat yang berhasil saya rangkum


Benteng Belgica

Banda Neira, Benteng Belgica, Benteng Belgica Dari Drone, Benteng Belgica Terlihat Dari Atas, Benteng Belgica Banda Neira

Benteng Belgica ini adalah Benteng yang dibangun pada abad 16 silam oleh bangsa portugis bertepatan dengan masuknya VOC. Benteng ini dahulu di bangun dengan tujuan sebagai benteng pertahanan untuk menahan perlawanan rakyat Banda yang menentang monopoli perdagangan yang dilakukan oleh VOC

Benteng ini memang sangat kokoh, terbukti sampai saat ini Benteng Belgica masih berdiri kokoh dan utuh. Belum ada bangunan yang runtuh walaupun umurnya sudah ratusan tahun.

wisata sejaran banda neira, benteng belgica banda neira, pemandangan dari benteng belgica, benteng belgica terlihat dari atas


Desain benteng ini sendiri terdiri dari 5 buah menara yang membentuk segilima, sangat ideal sebagai sistem pertahanan yang tak tertembus. Kamu bisa naik ke Benteng ini untuk melihat sendiri betapa kokohnya Benteng ini untuk meredam serangan musuh.

Dari atas benteng kamu juga bisa melihat pemandangan yang amat indah. Gunung api, laut dan kota banda terlihat jelas dari atas benteng. Sunset dari atas Benteng Belgica ini juga ajib. Pokoknya pemandangan yang cakep banget.

wisata sejarah banda naira, wisata benteng belgica banda naira, foto sunset di benteng belgica banda neira


Selain Belgica, ada beberapa benteng lagi yang juga merupakan peninggalan VOC yaitu Benteng Nassau, Benteng Revengie, Benteng Hollandia dan Benteng Concordia.


Wisata Bahari di Banda Neira

Selain wisata sejarah Banda Neira juga terkenal dengan wisata baharinya. Ada beberapa pulau yang yang mungkin belum begitu terkenal namun menyimpan keindahan dan keeksotisan yang bakal membuat kamu kagum. Tertarik untuk menjelajah wisata bahari di Banda Neira?


Pulau Nailaka

Pulau Nailaka adalah salah satu pulau di Banda Neira dengan pantai yang indah. Pulau ini tidak berpenghuni dan luasnya juga tidak terlalu besar.

pulau nailaka banda neira, pemandangan pantai nailaka di banda neira, wisata pulau nailaka banda neira, foto pantai di pulau nailaka banda naira


Pulau Nailaka memiliki keunikan pada hamparan pasirnya yang memanjang membentuk seperti jalan yang mengarah ke pulau Rhun yang ada di sebelahnya. Kamu bisa berjalan di atas pasir pantai pulau Nailaka dengan ombak dikanan kiri kamu. Pulau ini sangat cocok untuk berenang dan bersantai.

Pulau Rhun

wisata bahari banda naira, pulau rhun banda neira, wisata pulau rhun banda neira


Pulau Rhun juga berukuran tidak terlalu besar. Menurut sejarahnya pulau ini dulu sempat menjadi rebutan antara Inggris dan Belanda karena dahulu pulau ini sangat subur di tumbuhi oleh tanaman pala.

Pulau ini sudah ada penghuninya, disini adalah tempat yang sangat bagus untuk snorkeling karena kehidupan bawah lautnya yang sangat indah dan masih sangat alami.

Pulau Pisang

wisata banda naira, wisata bahari banda neira, wisata pulau pisang banda neira, foto pemandangan pulau pisang banda neira


Pulau Pisang juga merupakan salah satu objek wisata bahari yang wajib kamu kunjungi di Banda Naira. Pulau ini sudah ada penghuninya. Pemandangan di pulau ini sangatlah indah karena terdapat banyak batu-batu karang besar yang membentuk seperti tembok yang mengelilingi pulau.

Di Pulau Pisang banyak perahu nelayan yang berlabuh. Pantai Pulau Pisang memiliki pasir yang putih dengan deretan pohon nyiur yang berjejer rapi menghiasi bibir pantai.

Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat snorkeling dan berenang. Asik kan?

Nah itulah beberapa objek wisata di Banda Neira yang wajib kamu kunjungi kalau jalan-jalan kesana.

Banda Neira memang sangatlah indah, penduduknya juga memiliki kearifan lokal yang baik dalam menjaga keasrian alam tempat tinggalnya. Kamu yang sudah pernah menginjakkan kaki ke surga di tanah Maluku ini pasti punya keinginan untuk kembali lagi, bisa jadi nanti malah jadi penduduk sana hehe.

Kalau kamu sudah punya pengalaman ke Banda Neira, yuk kita berbagi lewat kolom komentar di bawah. Salam hangat !


EmoticonEmoticon